Show simple item record

dc.contributor.advisorHendrawijaya, A.T.
dc.contributor.advisorIndrianti, Deditiani Tri
dc.contributor.authorVitasari, Any Diana
dc.date.accessioned2015-11-30T03:04:25Z
dc.date.available2015-11-30T03:04:25Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210201047
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65024
dc.description.abstractMasa 5 tahun pertama pertumbuhan dan perkembangan anak, sering disebut sebagai masa keemasan, karena pada masa itu keadaan fisik maupun segala kemampuan anak sedang berkembang pesat. Salah satunya adalah aspek perkembangan motorik kasar anak. Perkembangan motorik kasar pada anak merupakan hal yang sangat penting bagi anak karena untuk melatih ketangkasan pada anak. Oleh karena itu, diperlukan suatu proses pembelajaran yang menarik sehingga anak dapat mengembangkan aspek motorik kasarnya. Proses pembelajaran dapat dilakukan oleh pendidik melalui penerapan metode BCCT (Beyond Center And Circle Time). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Hubungan Antara Penerapan Metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun di Paud Tunas Bangsa Bondowoso Tahun 2014/2015? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Adanya Hubungan Antara Penerapan Metode BCCT (Beyond Centers And Circle Time) Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun di Paud Tunas Bangsa Bondowoso Tahun 2014/2015. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai refrensi teoritis bagi program pendidikan luar sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah PAUD Tunas Bangsa di Kabupaten Bondowoso. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode purposive area. Teknik penentuan x subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi dengan subyek penelitian sebanyak 14 anak dengan usia 3-4 tahun PAUD Tunas Bangsa Bondowoso. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang (Spearman) dengan menggunakan bantuan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 17. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa hubungan penerapan metode BCCT dengan perkembangan motorik kasar anak di PAUD Tunas Bangsa sebesar 0.924 sebagai rhitung. Nilai ini lebih besar dari rtabel untuk N=14 subyek penelitian dengan tingkat kepercayaan 95% sebesar 0.544, sehingga hasil yang diperoleh signifikan yaitu hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Sedangkan tingkat hubungan tertinggi yang diperoleh dalam penelitian ini pada penerapan metode BCCT dengan perkembangan motorik kasar anak yaitu sebesar 0.913 yang terdapat pada aspek berjalan, pada aspek berlari tingkat hubungan tertinggi yang diperoleh sebesar 0.913, pada aspek melompat dengan tingkat hubungan tertinggi sebesar 0.913, dalam lingkaran tingkat hubungan tertinggi diperoleh sebesar 0.834, dan pada sentra bermain diperoleh tingkat hubungan tertinggi sebesar 0.834. Dari hasil analisis data, maka didapatkan kesimpulan bahwa penerapan metode BCCT memiliki peran penting dalam perkembangan motorik kasar anak di PAUD Tunas Bangsa. Temuan tersebut telah dibuktikan pada hasil tingkat hubungan penerapan metode BCCT dengan perkembangan motorik kasar anak yang tingkat hubungan tertinggi tertinggi yaitu sebesar 0.913 dan sebesar 0.930 yang sebagai rhitung. Hasil kontribusi tersebut berada di atas r tabel dan memiliki tingkat korelasi yang sangat kuat. Dalam artian terdapat hubungan dalam penerapan metode BCCT dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-4 tahun di PAUD Tunas Bangsa Bondowoso. Saran yang dapat diberikan peneliti untuk pendidik PAUD hendaknya pendidik berusaha untuk mengembangkan seluruh aspek kecerdasan anak, terutama aspek motorik kasar pada anak sebab motorik kasar anak diperlukan anak dalam melatih ketangkasan pada anak usia dini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPerkembangan Motoriken_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA PENERAPAN METODE BCCT (BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME) DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD TUNAS BANGSA BONDOWOSO TAHUN 2014/2015en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record