Show simple item record

dc.contributor.advisorHendrawijaya, AT.
dc.contributor.advisorImsiyah, Niswatul
dc.contributor.authorRahmatika, Luluk Dwi
dc.date.accessioned2015-11-30T02:07:38Z
dc.date.available2015-11-30T02:07:38Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim110210201003
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64996
dc.description.abstractPerkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh kondisi anak, peran orang tua dan lingkungan sosialnya, terutama peran pendidik. Apabila pendidik maupun lingkungan sosial dapat memfasilitasi atau memberikan peluang terhadap perkembangan anak secara positif maka anak akan dapat mencapai perkembangan sosial yang baik, akan tetapi apabila lingkungan sosial itu kurang kondusif cenderung anak akan menampilkan perilaku yang kurang baik. Dengan perkembangan sosial yang akan dianalisis melalui tingkah laku anak dalam sikap kerjasama, sikap disiplin, dan rasa empati sebagai peserta didik dapat terjalinnya interaksi sosial yang baik. Tugas peran pendidik sebagai fasilitator dan sebagai teladan dapat membantu dalam merangsang atau memberikan stimulus kepada anak sehingga interaksi sosial akan berlangsung secara efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pendidik dalam perkembangan sosial anak di POS PAUD Cempaka Putih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pendidik terhadap perkembangan sosial anak usia dini di POS PAUD Cempaka Putih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai refrensi teoritis bagi program pendidikan luar sekolah khususnya dalam menambah wawasan tentang peran pendidik terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Tempat yang digunakan sebagai penelitian berada di POS PAUD/TK Cempaka Putih Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo. Alasan pemilihan POS PAUD Cempaka Putih menjadi tempat penelitian berdasarkan metode purposive area. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball ix sampling. Jumlah awal informan yakni 6 orang kemudian pada akhirnya berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Agar kepercayaan terhadap data menjadi tinggi digunakan beberapa teknik pengolahan data yakni perpanjangan penelitian, peningkatan ketekunan dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data, dan mengambil kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pendidik sebagai fasilitator dan menjadi teladan bagi anak di POS PAUD Cempaka Putih dalam menanamkan nilai-nilai sosial berupa sikap kerjasama, sikap disiplin dan rasa empati. Apabila pendidik maupun lingkungan sosial dapat memfasilitasi atau memberikan peluang terhadap perkembangan anak secara positif maka anak akan dapat mencapai perkembangan sosial yang baik, akan tetapi apabila lingkungan sosial itu kurang kondusif cenderung anak akan menampilkan perilaku yang kurang baik. Kerjasama sangat penting dalam menjalin interaksi sosial anak dengan pendidik, sehingga terciptanya sebuah hubungan dimana dalam hubungan tersebut pendidik harus dapat menciptakan lingkungan yang tertib dan teratur atau bisa dikatakan disiplin, maka nilai empati menjadi potensi yang dimiliki anak untuk dapat mengatur diri dan lingkungannya. Tujuannya yaitu mampu menumbuhkan perkembangan sosial anak menjadi suatu kebiasaan positif dalam berinteraksi dengan orang lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran pendidik di POS PAUD Cempaka Putih dalam mengembangkan sosial anak usia dini sangat berpengaruh karena peran pendidik sendiri sebagai fasilitator dan teladan bagi anak dimana memudahkan anak dalam kegiatan proses pembelajaran serta menciptakan suasana yang menyenangkan dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan dari peneliti untuk POS PAUD Cempaka Putih dalam pengembangan kemampuan sosial dilakukan dengan media dan sarana yang lebih bervariasi dan dikemas melalui aktivitas yang menyenagkan sehingga anak-anak lebih termotivasi dan menikmati dunia bermainnya dan semakin banyak nilai-nilai sosial yang akan terbentuk dalam diri anak tersebut.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPerkembangan Sosialen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titlePERAN PENDIDIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI POS PAUD CEMPAKA PUTIH KECAMATAN BANYUPUTIH KABUPATEN SITUBONDOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record