dc.description.abstract | Pendidikan merupakan proses yang sangat pernting bagi keberlangsungan
hidup setiap warga negara yang mencangkup setiap kalangan baik kalangan atas
maupun kalangan bawah dan juga mencakup setiap umur, karena pada dasarnya
setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Salah satu upaya
pemerintah untuk mengatasi permasalahan pendidikan yang ada di masyarakat ini
adalah dengan membuat program kesetaraan. Dalam program kesetaraan ini
memerlukan suatu tindakan khusus dalam melaksanakan suatu proses
pembelajaran yang salah satunya adalah pemilihan strategi yang tepat agar
prestasi yang didapat oleh warga belajar diraih maksimal. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah seberapa besar korelasi antara strategi pembelajaran
dengan prestasi belajar warga belajar pada kelompok belajar paket c kelas x di
UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya korelasi strategi belajar dengan
prestasi belajar warga belajar pada kelompok belajar paket C di UPTD dinas
pendidikan kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Manfaat dari penelitian
adalah sebagai bahan referensi bagi mahasiswa dan pengelola lembaga yang dapat
mendukung pengembangan Program Pendidikan Kesetaraan sebagai salah satu
program dari Pendidikan Luar Sekolah.
Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kejar Paket C Kelas X
di UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember dengan
menggunakan metode purposive area. Metode pengumpulan data menggunakan
angket, observasi dan dokumentasi dengan jumlah responden sebesar 20 warga belajar dengan menggunakan tehnik populasi. Jenis penelitian menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional dengan analisis data
menggunakan korelasi tata jenjang (Range Difference Corelation).
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat korelasi antara
Strategi Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Warga Belajar pada Kejar Paket C
kelas X UPTD dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah sebesar 0.796 sebagai
rhitung. Nilai ini lebih besar dari rtabel untuk N=20 orang dengan tingkat
kepercayaan 95% sebesar 0.450, sehingga hasil yang diperoleh signifikan yaitu
Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Kerja (Ha) diterima. Sedangkan
korelasi terbesar yang diperoleh yaitu pada indikator strategi pembelajaran
didaktik dengan kompetensi kecakapan hidup yaitu sebesar 0.769 dan tingkat
korelasi terkecil yaitu pada indikator strategi pembelajaran partisipasi dengan
kompetensi akademik yaitu sebesar 0.563. Sehingga kesimpulan dalam penelitian
ini yaitu terdapat korelasi yang tinggi Antara Strategi Pembelajaran Dengan
Prestasi Belajar Warga Belajar Pada Kelompok Belajar Paket C Kelas X Di
UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember.
Berkenaan dengan hasil penelitian maka saran yang diberikan yaitu
diharapkan semakin meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar kepada
warga belajar, agar warga belajar dapat lebih mudah menyerap pengetahuan dan
keterampilan yang diperoleh melalui tutor, sehingga lembaga dan warga belajar
bisa saling bekerja sama dalam mewujudkan visi dan misi dan tujuan yang ingin
dicapai. | en_US |