MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS III SDN GEBANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONGKRIT
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis
karangan deskripsi dengan menggunakan media benda kongkrit pada siswa kelas III
SDN Gebang 01 Jember Tahun pelajaran 2010-2011; dan (2) Untuk Peningkatan
hasil belajar menulis deskripsi pada siswa kelas III SDN Gebang 01 Jember Tahun
pelajaran 2010-2011 setelah digunakan media benda kongkrit.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data
dalam penelitian ini ini,dilaksanakan di SDN gebang 01 Jember, dimulai pada tanggal
20 Mei 2011 samapi pada tanggal 30 mei 2011. subjek penelitian adalah siswa kelas
III SDN Gebang 01 Jember dengan jumlah 62 anak. Metode pengumpulan data
mengunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat fase, yaitu:
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitiann ini
adalah menggunakan analisis data kualitastif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan
minimal (KKM) (nilai ≥65) pada prasiklus sebanyak 27 siswa atau sebesar 43,54%
dari jumlah 62 siswa. Sisanya sebanyak 35 siswa atau 56,45% dari jumlah 62 siswa
belum memncapai kriteria ketuntasan minimal (nilai <65). Pada siklus I, siswa yang
memncapai kriteria ketuntasan minimal (nilai ≥ 65) sebanyak 36 siswa atau 58,06%
dari total 62 siswa. Sisanya sebanyak 26 siswa atau 41,93% dari jumlah 62 siswa
belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (nilai <65). Selanjunya pada siklus II,
siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (nilai ≥ 65) sebanyak 57 siswa atau
91.93% dari jumlah 62 siswa. Sisanya sebanyak 5 siswa atau 8,0% dari jumlah 62
siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (<6).