• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS III SDN GEBANG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010-2011 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONGKRIT

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Afni.pdf (130.2Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    NUR AFNI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini untuk: (1) untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media benda kongkrit pada siswa kelas III SDN Gebang 01 Jember Tahun pelajaran 2010-2011; dan (2) Untuk Peningkatan hasil belajar menulis deskripsi pada siswa kelas III SDN Gebang 01 Jember Tahun pelajaran 2010-2011 setelah digunakan media benda kongkrit. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data dalam penelitian ini ini,dilaksanakan di SDN gebang 01 Jember, dimulai pada tanggal 20 Mei 2011 samapi pada tanggal 30 mei 2011. subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Gebang 01 Jember dengan jumlah 62 anak. Metode pengumpulan data mengunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari empat fase, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitiann ini adalah menggunakan analisis data kualitastif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) (nilai ≥65) pada prasiklus sebanyak 27 siswa atau sebesar 43,54% dari jumlah 62 siswa. Sisanya sebanyak 35 siswa atau 56,45% dari jumlah 62 siswa belum memncapai kriteria ketuntasan minimal (nilai <65). Pada siklus I, siswa yang memncapai kriteria ketuntasan minimal (nilai ≥ 65) sebanyak 36 siswa atau 58,06% dari total 62 siswa. Sisanya sebanyak 26 siswa atau 41,93% dari jumlah 62 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (nilai <65). Selanjunya pada siklus II, siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (nilai ≥ 65) sebanyak 57 siswa atau 91.93% dari jumlah 62 siswa. Sisanya sebanyak 5 siswa atau 8,0% dari jumlah 62 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (<6).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6496
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository