PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MAHASISWA DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember Angkatan 2011-2013)
Abstract
Smartphone adalah suatu kebutuhan untuk menunjuang aktifitas manusia dalam berkomunikasi dengan orang lain. Kegunaan handphone tidak lagi sebatas untuk telepon atau SMS saja tetapi mempunyai fungsi dan fitur yang lebih canggih dan lengkap. Hal ini, membuat perusahaan smartphone mempunyai strategi khusus yang membuat produk tersebut berbeda dengan perusahaan lain yang sejenis sehingga bisa menarik minat konsumen untuk memilih produk smartphone dari perusahaan tersebut. Besar kecilnya kemampuan untuk memperoleh konsumen tergantung dari berbagai faktor salah satunya penyampaian informasi tentang produk-produk perusahaan bersangkutan, yang secara nyata terlihat dari strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh setiap perusahaan.
Bauran pemasaran merupakan suatu kegiatan unit usaha untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan produk bagi konsumen. Keputusan melakukan pembelian oleh konsumen dipengaruhi oleh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari: produk, harga, promosi, dan distribusi.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi) terhadap pengambilan keputusan mahasiswa dalam melakukan pembelian smartphone Samsung di Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember. Metode penentuan lokasi penelitian secara metode purposive yaitu ditentukan secara sengaja di Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember Angkatan 2011-2013. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan populasi sebanyak 51 mahasiswa, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif dan analisis statistik secara varian regresi sederhana.
Hasil penelitian membuktikan bahwa bauran pemasaran (produk, harga,
tempat, dan promosi) secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap pengambilan keputusan mahasiswa dalam melakukan pembelian
smartphone Samsung di Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember Angkatan
2011-2013. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji F, dimana Fhitung >
Ftabel yaitu 224,54 > 4,03 dengan a = 0,05 > Sig F = 0,000 dan koefisien
determinasi (R square) sebesar 0,821 atau 82,1 %.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pengaruh bauran
pemasaran (produk, harga, promosi, dan distribusi) dapat memberikan kontribusi
yang positif terhadap pengambilan keputusan mahasiswa dalam melakukan
pembelian smartphone Samsung. Hal itu dikarenakan dengan adanya strategi
bauran pemasaran yang baik maka mahasiswa tertarik untuk melakukan
pembelian produk smartphone Samsung. Misalnya dengan menawarkan produk
yang menarik, harga yang ditetapkan terjangkau, tempat penjualan produk yang
strategis, dan promosi yang menarik, semua itu sangat berpengaruh terhadap
keputusan mahasiswa untuk melakukan pembelian smartphone Samsung.