ATRIBUT JASA JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Skripsi ini meneliti tentang sikap mahasiswa terhadap atribut jasa Jurusan
Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember dan dilakukan pada semester
genap tahun akademik 2004-2005. Pcnclitian ini bertujuan untuk mengetahui
prioritas kebutuhan mahasiswa dan sikap rnahasiswa terhadap atribut jasa yang
ditawarkan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan data primer
yang diperoleh melalui pcnyebaran kuesioner kepada responden. Sam pel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah scbanyak 108 responden (15 % dari jumlah
populasi. yaitu 720 mahasiswa) dengan menggunakan teknik random sampling,
Metode anal isis yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala prioritas
kebutuhan konsumen, digunakan untuk mengetahui prioritas kebutuhan
mahasiswa terhadap atribut jasa yang ditawarkan Jurusan Manajemen Fakultas
Ekonomi Universitas Jember dan Fishbein's Attitude Model's untuk mengetahui
sikap mahasiswa terhadap atribut jasa yang ditawarkan Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa urutan prioritas kebutuhan
mahasiswa terhadap atribut jasa yang ditawarkan Jurusan Manajemen Fakultas
Ekonomi Universitas Jember yaitu: Prioritas pertama adalah tenaga pengajar yang
berkualitas dan berpengalarnan, prioritas kedua adalah tersedianya fasilitas dalam
proses belajar mengajar, prioritas ketiga adalah fasilitas perpustakaan yang
memadai, prioritas keempat adalah suasana belajar yang tenang dan mendukung,
prioritas kelima adalah metode penyampaian materi yang jelas dan terarah,
prioritas keenam adalah kemudahan berkonsultasi dengan dosen pembimbing,
prioritas ketujuh adalah kesesuaian materi yang diberikan dengan silabi, prioritas
kedelapan adalah fasilitas laboratorium yang mernadai, dan prioritas kesembilan
adalah ketepatan waktu perkuliahan oleh dosen. Berdasarkan hasil pengukuran
sikap mahasiswa secara keseluruhan diketahui nilai sikap mahasiswa adalah
+10,4577 bemilai positif yang b-rarti sikap mahasiswa terhadap atribut jasa yang
ditawarkan Jurusan Mnnajcmen Fnkultas Ekonomi Universitas Jember adalah
baik.
Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sikap mahasiswa
terhadap atribut jasa yang ditawarkan Jurusan Manajernen Fakultas Ekonomi
Universitas Jembcr securu kcscluruhun suduh balk. Pencliti rnernberi saran kepada
Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember agar selalu memantau
perkembangan lingkungan pendidikan dan mengamati perubahan dari sikap
rnahasiswa. Jurusan Manajcmenjuga harus mampu mcningkatkan kualitas atribut
atribut yang dinilai masih kurang baik oleh mahasiswa diantaranya kemudahan
berkonsultasi dcngan dosen pcmbirnbing, fasilitas perpustakaan yang memadai,
fasilitas laboratorium yang memadai. dan ketepatan waktu perkuliahan oleh
dosen.