• Login
    View Item 
    •   Home
    • COMMUNITY SERVICES REPORT (LPM)
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM
    • View Item
    •   Home
    • COMMUNITY SERVICES REPORT (LPM)
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IbM Kelompok Pedagang Durian Di Desa Pakusari Krajan

    Thumbnail
    View/Open
    HALIMATUS SA DIYAH S.Si.,M.Si. - 0004087903 XX.pdf (1.432Mb)
    Date
    2015-11-26
    Author
    Sa'diyah, Halimatus; S.Si., M.Si.
    Hadi, Alfian Futuhul; Dr. S.Si., M.Si.
    Ilminnafik, Nasrul; Dr. S.T., M.T.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mitra kegiatan IbM ini adalah dua kelompok penjual durian di Desa Pakusari Krajan, Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember yang merupakan sentra penjualan durian yang sudah dikenal luas di kota Jember dan sekitarnya, dengan kios-kios yang menetap. Banyaknya pembeli durian yang menyantap durian di tempat mengakibatkan tumpukan sampah durian berupa biji dan kulit, mengakibatkan masalah pencemaran. Kegiatan IbM ini bertujuan menyelesaikan masalah yang ditimbulkan oleh sampah durian tersebut dengan memanfaatkannya menjadi produk makanan dan minuman, dibantu dengan beberapa mesin teknologi tepat guna. Juga menyelesaikan masalah belum adanya managemen usaha yang dilakukan oleh mitra. Target luaran yang diinginkan berupa produk makanan dan minuman dari sisa durian, berupa keripik biji durian, selai dan sirup kulit durian, serta alat yang dibutuhkan untuk pembuatan produk tersebut. Juga luaran berupa pembukuan sederhana dan iklan produk di media internet. Selain luaran utama, diharapkan kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi mitra baik dalam aspek ekonomi, aspek pengembangan ipteks dan aspek lingkungan. Dalam menyelesaikan masalah mitra dan mencapai target luaran telah dilakukan beberapa kegiatan. Pertama adalah sosialisasi kegiatan dan alih teknologi alat yang digunakan dalam pengolahan limbah durian tersebut meliputi cara penggunaan dan perawatan alat. Penyuluhan tentang dampak negatif sampah durian dan perlunya pemanfaatan sampah tersebut. Kedua adalah praktek pembuatan selai serta sirup kulit durian dan keripik biji durian. Ketiga adalah penyuluhan managemen keuangan, penggunaan alat pengemas, dan berbagai strategi pemasaran. Terakhir adalah pengenalan manfaat internet sebagai media promosi dan evaluasi. Berdasarkan evaluasi, kegiatan ini oleh mitra dinilai sangat bermanfaat baik materi yang diberikan maupun alat yang dihibahkan, untuk meningkatkan pendapatan. Fleksibilitas alat juga sangat membantu untuk ide usaha lain saat tidak musim durian atau saat bahan baku berupa kulit dan biji durian sulit didapatkan
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64838
    Collections
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM [217]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository