PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari
pengungkapan
Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Profitabilitas.
Analisis pada penelitian ini menggunakan leverage sebagai variabel kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian empiris. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari 11 perusahaan manufaktur yang mengikuti program
PROPER dari Kementrian Lingkungan Hidup pada periode 2007-2009. Data Annual
Report yang diperoleh diolah menggunakan uji statistik deskriptif, asumsi klasik dan
kemudian pengujian hiotesis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi
berganda dan menggunakan uji t dan F. hasil uji hipotesis pertama menyatakan
bahwa pengungkapan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Hasil
uji hipotesis kedua menyatakan bahwa penggunaan
leverage juga tidak
mempengaruhi secara signifikan pengungkapan CSR) terhadap profitabilitas.