PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK (Studi Kasus Madrasah Tsanawiyah di Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh kondisi Sosial ekonomi keluarga terhadap prestasi belajar anak (studi kasus Madrasah Tsanawiyah di Desa karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember)”. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua, pendidikan bapak, gizi anak, dan jumlah tanggungan dalam keluarga terhadap prestasi belajar anak. Metode penelitian ini menggunakan metode Explanatory Reasearch. Data yang yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 sampel . varabel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan empat varabel, yaitu pendapatan orang tua, pendidikan bapak, gizi anak, dan jumlah tanggungan keluarga. Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendapatan orang tua secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar anak dengan arah positif; 2) Pendidikan bapak secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar anakdengan arah positif; 3) Gizi anak secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar anak dengan arah positif; 4) jumlah tanggungan keluarga secara parsial berpengaruh terhadap prestasi belajar anak dengan arah negatif; 5) Pendapatan orang tua, pendidikan bapak, gizi anak, dan jumlah tanggungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar anak.