• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH DENGAN PENERAPAN QUANTUM LEARNING MELALUI TEKNIK PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) DI SDN JOMBANG 03 KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Novia Sulistyowati.pdf (504.2Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    NOVIA SULISTYOWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN Jombang 03 Kecamatan Jombang. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas V dan guru kelas V, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas V . Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan hasil belajar siswa menunjukan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 29 % dengan kriteria kurang sekali. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa langsung meningkat menjadi 3,6 dengan kriteria aktivitas belajar tinggi, dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87 %. Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa semakin meningkat dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 4,7 dengan kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 97 %. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Jombang 03 Kecamatan Jombang Kabupaten Jember tahun ajaran 2010-2011.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6471
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository