Analisis Segmen Pasar Produk Handphone Berbasis Android Berdasarkan Atribut Produk Di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis segmen pasar handphone berbasis android khusus Samsung dan Sony berdasarkan atribut produk dilingkungan mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna produk handphone berbasis android Samsung dan Sony di lingkungan Fakultas Ekonomi dengan fokus pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Jember yang aktif untuk periode tahun akademik 2012/2013. Variabel y1ang akan diteliti adalah variabel segmentasi pasar produk handphone berbasis android dengan menggunakan indikator harga, kualitas, kinerja, daya tahan, citra merek, fitur, desain, model, spesifikasi, kapasitas, dan jaminan. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis klaster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) klaster 1 adalah responden yang mementingkan atribut fitur, desain dan jaminan. Agar dapat mencerminkan atribut-atribut tersebut maka klaster 1 diberi nama “Klaster Produk”. b)Klaster 2 adalah responden yang mementingkan atribut kualitas. Agar dapat mencerminkan atribut-atribut tersebut maka klaster 2 diberi nama “Klaster Kualitas”. c) Klaster 3 adalah responden yang mementingkan atribut harga, kinerja, daya tahan, citra merek, dan kapasitas. Agar dapat mencerminkan atribut-atribut tersebut maka klaster 3 diberi nama “Klaster Keunggulan”.