• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGENAL BANGUN RUANG MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS I SDN MANGGISAN 02 TANGGUL TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Nadirah.pdf (158.4Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Nadirah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN Manggisan 02 Tanggul yang terdiri dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen dengan jumlah siswa masing-masing kelompok sebanyak 6 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 8 Januari 2011 sampai dengan 20 Januari 2011 di SDN Manggisan 02 Tanggul. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa dan tes individu. Pada siklus 1 aktivitas siswa mencapai 49,17% dan hasil belajar mencapai 64,33 serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 60%. Pada siklus 2, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 61,25%, hasil belajar mencapai 75,17% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Manggisan 02 Tanggul yaitu: ≥ 60 dari skor maksimal 100 Beberapa saran berkaitan dengan pembelajaran matematika realistik dalam proses belajar mengajar, sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran, siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang lebih luas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada pokok bahasan mengenal bangun ruang. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 12,08% dan hasil belajarnya sebesar 10,84 serta ketuntasannya sebesar 33,33%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6454
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository