PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN BARATAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN Baratan 01 Jember pada semester genap.
Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Baratan01 Jember
tahun pelajaran 2010/2011 yang digunakan yaitu jenis penelitian tindakan kelas.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, wawancara
dan dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru
selama pembelajaran, hasil observasi motivasi siswa, hasil tes siswa, hasil
wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa:
1) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dimana setelah dilaksanakan
tindakan motivasi siswa hanya mencapai 62,7% yang sebelumnya hanya
mencapai 50.1%, namun setelah dilaksanakan siklus II motivasi belajar
mengalami peningkatan yang mencapai 78,3%,
2) hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada akhir
siklus I dan siklus II. Pada siklus I kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu
sebesar 70% yang sebelumnya hanya mencapai 47% dan pada siklus II kegiatan
tes akhir individu siswa secara klasikal mencapai 72%. Setelah siklus II
dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal
sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus.
Pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative learning model
Jigsaw jika dilihat dari motivasi dan hasil belajar yang telah dilakukan pada siswa
kelas IV SDN Baratan 01 Jember oleh karena itu disarankan agar peneliti lain serta
guru dapat menggunakan metode ini dalam melaksanakan pembelajaran, bagi siswa
agar melakukan langkah-langkah pembelajaran ini dengan baik demi tercapainya
tujuan pembelajaran dengan baik, selain itu program studi PGSD supaya dapat
memanfaatkan metode ini sebagai umpan balik dan alternatif yang baik bagi program
pengajaran mahasiswa yang melaksanakan pendidikan.