• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN BARATAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Muskiani.pdf (1.017Mb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    MUSKIANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN Baratan 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Baratan01 Jember tahun pelajaran 2010/2011 yang digunakan yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru selama pembelajaran, hasil observasi motivasi siswa, hasil tes siswa, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang mendukung penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dimana setelah dilaksanakan tindakan motivasi siswa hanya mencapai 62,7% yang sebelumnya hanya mencapai 50.1%, namun setelah dilaksanakan siklus II motivasi belajar mengalami peningkatan yang mencapai 78,3%, 2) hasil belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada akhir siklus I dan siklus II. Pada siklus I kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu sebesar 70% yang sebelumnya hanya mencapai 47% dan pada siklus II kegiatan tes akhir individu siswa secara klasikal mencapai 72%. Setelah siklus II dilaksanakan, ketuntasan belajar siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Pembelajaran dengan menggunakan metode cooperative learning model Jigsaw jika dilihat dari motivasi dan hasil belajar yang telah dilakukan pada siswa kelas IV SDN Baratan 01 Jember oleh karena itu disarankan agar peneliti lain serta guru dapat menggunakan metode ini dalam melaksanakan pembelajaran, bagi siswa agar melakukan langkah-langkah pembelajaran ini dengan baik demi tercapainya tujuan pembelajaran dengan baik, selain itu program studi PGSD supaya dapat memanfaatkan metode ini sebagai umpan balik dan alternatif yang baik bagi program pengajaran mahasiswa yang melaksanakan pendidikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6451
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository