ANALISIS KESADARAN MEREK (BRAND AWARENESS) DAN ASOSIASI MEREK (BRAND ASSOSIATION) PRODUK SABUN MUKA DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana respon ataupun tanggapan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember terhadap kesadaran merek dan asosiasi merek produk sabun muka Dove, Ponds, dan Biore. Data yang digunakan dalam penelitian ini data primer berupa kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Jember sebagai responden. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif frekuensi dan cochran test.
Berdasarkan proses analisis data, diperoleh hasil bahwa responden memiliki tingkat kesadaran merek tertinggi untuk produk sabun muka Biore, kemudian Ponds dan yang terendah adalah Dove. Penilaian responden tentang sabun muka Biore dan Ponds adalah bahwa sabun muka tersebut memiliki harga terjangkau, terasa lembut di wajah, mengandung Vitamin B3 dan AHA, menghaluskan kulit wajah dan mampu mengangkat kotoran dan debu secara menyeluruh. Sedangkan penilaian responden tentang sabun muka Dove adalah bahwa sabun muka tersebut memiliki harga terjangkau, terasa lembut di wajah, mengandung Vitamin B3 dan AHA, menghaluskan kulit wajah, mampu mengangkat kotoran dan debu secara menyeluruh, mencerahkan kulit wajah dan memiliki kualitas tinggi serta tanpa bahan pengawet.