Desain Balanced Scorecard pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VII Madiun
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah bentuk penilaian kinerja pada perusahaan PT. Kereta Api Indonesia Daop VII Madiun dapat dirancang ke dalam model Balanced Scorecard. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain Balanced Scorecard sebagai alat ukur kinerja dari segi praktek akademisi sehingga peneliti dapat menerapkan pengetahuan yang dimiliki untuk melaksanakan pengukuran kinerja menggunakan Balanced Scorecard. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus dan lapangan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang bersumber dari wawancara pada kepala bidang SDM dan asisten manajemen PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VII Madiun yang berkaitan dengan model penilaian kinerja perusahaan menggunakan SIMAK. Data sekunder yang digunakan adalah data KPI bulanan pada tahun 2013 serta laporan posisi keuangan dan laporan laba rugi komperhensif PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VII Madiun tahun 2013. Teknik pemilihan sampel guna memperoleh data dalam wawancara berkaitan dengan penilaian kinerja perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VII Madiun, peneliti menggunakan sampel berdasarkan pertimbangan (Judgement Sampling) pada karyawan bagian keuangan dan SDM pada perusahaan tersebut. Hasil penilaian kinerja pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop VII Madiun dapat dirancang ke dalam model balanced scorecard karena pada dasarnya bentuk penilaian kinerja pada perusahaan yaitu SIMAK memiliki sistem penilaian yang sama namun kategori perspektif yang digunakan lebih beragam. Kelebihan yang dimiliki oleh balanced scorecard dibandingkan dengan SIMAK adalah dapat menganalisis strategi-strategi baru berdasarkan penelitian menggunakan analisis SWOT.