Peranan Corporate Social Responsibility dan Corporate Image Dalam Mempengaruhi Purchase Intention Pelanggan Pasta Gigi Pepsodent di Kota Jember
Abstract
Secara Umum, Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan corporate social responsibility dan corporate image dalam mempengaruhi purchase intention. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility, corporate image dan purchase intention. Responden yang dijadikan sampel penelitian ini sebanyak 120 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis structural equation modelling (SEM). Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan tentang peranan corporate social responsibility dan corporate image dalam mempengaruhi purchase intention pelanggan pasta gigi Pepsodent, maka dapat diambil kesimpulan bahwa a.) corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap corporate image dengan arah positif, artinya corporate social responsibility yang diadakan oleh Unilever sukses dan mampu memberi kesan corporate image yang baik terhadap orang yang telah berpartisipasi dalam periksa gigi gratis yang diadakan oleh Unilever. b.) Corporate Social Responbility berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention dengan arah positif. Artinyacorporate social responsibility yang diadakan Unilever sukses maka Purchase Intention pasta gigi Pepsodent juga akan meningkat . c.) Corporate image berpengaruh signifikan terhadap purchase intention dengan arah positif, artinya corporate image yang telah dibangun oleh Unilever melalui berbagai macam produk salah satunya pasta gigi Pepsodent telah sukses dan dikenal oleh kebanyakan masyarakat, sehingga purchase intention pasta gigi Pepsodent terus meningkat.