Implementasi Bauran Pemasaran Pada PT. Reliance Securities, Tbk Cabang Jember
Abstract
Tujuan dari arikel ini adalah Untuk mengetahui implementasi bauran pemasaran pada PT. Reliance Securities, Tbk Cabang Jember. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif karena data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, skema dan gambar Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang berinvestasi dan karyawan PT. Reliance Securities, Tbk Cabang Jember yaitu berjumlah 50 orang. sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada non-probability sampling. Dimana teknik non-probability sampling yang digunakan yaitu Snowball Sampling. Sampel yang mula-mulanya terbatas, kemudian semakin lama berkembang semakin banyak. Dengan teknik ini, jumlah sampel akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan dan terpenuhinya informasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui deskriptif kualitatif dengan metode analisis data model Miles dan Huberman, dimana terdapat tiga komponen utama dalam analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi bauran pemasaran dari PT. Reliance Securites, Tbk Cabang Jember cukup baik walaupun masih ada kekurangannya.