Pengaruh Komunitas Mahasiswa Fotografer Universitas Jember Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Kamera DSLR Merek Canon
Abstract
Secara umum, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh komunitas mahasiswa fotografer Universitas Jember terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen kamera DSLR merek Canon. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian confirmatory reseach. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Jember yang mengambil keputusan membeli dan menggunakan kamera DSLR, dan sampel yang terpilih sebanyak 100 responden mahasiswa Universitas Jember. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yang pertama yaitu mahasiswa Universitas Jember yang memiliki kamera DSLR merek Canon dan kriteria yang kedua yaitu anggota komunitas mahasiswa fotografer Universitas Jember. Metode analisis data menggunakan Structual Equation Modeling (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel komunitas fotografer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen kamera DSLR merek Canon.