• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA SMP NEGERI SUMBERSALAK JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Dyah Yulianti_1.pdf (765.8Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    DYAH YULIANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dewasa ini pelajaran IPA Biologi di sekolah menuntut kompetensi guru untuk meninggalkan model pembelajaran konvensional dan mengembangkan model pembelajaran modern yang sesuai materi dan kondisi siswa untuk membangkitkan gairah belajar, mengembangkan seluruh potensi anak didik, menanamkan dalam kehidupan sehari-hari, dan menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar karena biologi sendiri mempelajari makhluk hidup dan lingkungan. Sehingga guru sebagai ujung tombak dalam pendidikan perlu adanya upaya pengembangan keprofesionalan, kualitas mengajar, dan pembekalan kepada para guru agar mereka lebih kreatif dalam proses pembelajaran di kelas. Guru sebagai pendidik harus meningkatkan profesionalisme guna memperbaiki mutu pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII-B SMPN Sum bersalak, Jember tahun pelajaran 2011/2012 dengan menerapkan model pembelajaran kooperati tipe TPS dengan metode eksperimen. Penelitian ini memiliki manfaat bagi penulis, dapat dijadikan sebagai wahana untuk memperluas wawasan bagi peneliti lain, memberi masukan dan pentingnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang metode TPS (Think Pair Share). Penelitian ini juga memiliki manfaat bagi lembaga tempat penelitian yaitu SMP Negeri Sumbersalak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (a) tahap pendahuluan; dan (b) tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dengan metode eksperimen dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Komponen-komponen pokok dalam setiap siklus adalah perencanaan atau planning, tindakan atau acting, pengamatan atau observing, refleksi atau reflecting. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas VIII-B SMPN Sumbersalak, Jember pada pembelajaran IPA Biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan metode eksperimen dari siklus I ke siklus II persentase keterampilan proses meningkat. Pada siklus II keterampilan observasi siswa meningkat 6,5% menjadi 85%. Keterampilan penyelidikan meningkat 3,3% menjadi 80,6%. Keterampilan komunikasi mengalami peningkatan 23,1% menjadi 79,5%. Keterampilan berhipotesis mengalami peningkatan sebesar 8,1% menjadi 86%. Keterampilan mengajukan pertanyaan meningkat 6,5% menjadi 78,5%. Peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMPN Sumbersalak, Jember pada pembelajaran IPA Biologi menggunakan model pembelajara kooperatif tipe TPS dengan metode eksperimen pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar dari aspek kognitif sebesar 64,5% dengan rata-rata 71, aspek afektif sebesar 90,3% dengan rata-rata 76,8, dan aspek psikomotorik sebesar 87% dengan rata-rata 83,7. Untuk siklus II presentase ketuntasan hasil belajar dari aspek kognitif sebesar 80,7% dengan rata-rata 75, aspek afektif 100% dengan rata-rata 79,3, dan aspek psikomotorik sebesar 93% dengan rata-rata 78,6. Dari siklus I ke siklus II presentase hasil belajar meningkat, untuk aspek kognitif sebesar 16,1%, aspek afektif sebesar 9,7%, dan aspek psikomotorik sebesar 6,5%. Jadi hasil belajar pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan dan telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kesimpulan dari penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan metode eksperimen meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA Biologi siswa SMPN Sumbersalak, Jember. Kelas dapat memenuhi ketuntasan hasil belajar klasikal. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA Biologi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6437
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository