PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS II SDN MANGLI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas secara
kolaboratif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif
antara peneliti dan guru. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu data kuantitatif dan
data kualitatif.
Hasil penelitian diperoleh dari penerapan media gambar dalam pembelajaran
kemampuan menulis kalimat sederhana. Melalui media gambar, kemampuan siswa
dalam menulis kalimat saderhana meningkat. Siswa mampu menulis kalimat
sederhana dengan benar sesuai dengan stuktur kalimat sederhana. Kemampuan siswa
setelah mengikuti pembelajaran media gambar meningkat, tingkat ketuntasan siswa
pada siklus I mencapai 54%. Pada siklus II meningkat menjadi rerata 85%.
Peningkatan tingkat ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa
secara klasikal media gambar berhasil membuat siswa aktif selama pembelajaran
berlangsung.