Pengaruh Servant Leadership dan Kepribadian terhadap Organizational Citizenship Behavior dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh servant leadership dan kepribadian terhadap Organizational Citizenship Behavior dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember. Populasi yang digunakan adalah guru Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember. Metode sampel yang digunakan adalah metode sensus dengan jumlah responden 60 guru. Metode analisis yang digunakan adalah anallisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh servant leadership terhadap Organizational Citizenship Behavior. 2) Tidak ada pengaruh kepribadian terhadap Organizational Citizenship Behavior. 3) Ada pengaruh servant leadership terhadap kinerja guru. 4) Ada pengaruh kepribadian terhadap kinerja guru. 5) Tidak ada pengaruh Organizational Citizenship Behavior terhadap kinerja guru. 6) Tidak ada pengaruh servant leadership terhadap kinerja guru melalui Organizational Citizenship Behavior. 7) Tidak ada pengaruh kepribadian terhadap kinerja guru melalui Organizational Citizenship Behavior.