PERAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MEMEDIASI PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Siswa Kelas 3 SMK Wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis peran motivasi belajar dalam memediasi pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasanspiritual terhadap prestasi belajar (studi pada siswa kelas 3 SMK wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SMK wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember yng terdiri dari 3 sekolah yaitu SMKN 6 Jember, SMK PGRI 3 Tanggul dan SMK PGRI 4 Tanggul yang berjumlah 795 siswa. Metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 119 siswa yang dialokasikan secara proposional. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur (path analysis). Hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan emosional memiliki peran penting serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMK wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember; 2) Kecerdasan spiritual memiliki peran penting serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa SMK wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember; 3) Kecerdasan emosional memiliki peran penting berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember; 4) Kecerdasan spiritual memiliki peran penting berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa SMK wilayah Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember; 5) Motivasi belajar memiliki peran penting berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.