• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN SUPITURANG 01 KECAMATAN PRONOJIWO KABUPATEN LUMAJANG

    Thumbnail
    View/Open
    Mokhamad Soleh.pdf (111.4Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    MOKHAMAD SOLEH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Supiturang 01 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, dengan jumlah siswa 24. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskreptif kualitatif untuk menganalisis data berupa hasil observasi dan deskreptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil tes formatif. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal Maret 2010 sampai dengan 11 dan 13 Maret 2010 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Supiturang 01 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA tentang konduksi,konveksi,dann radiasi. Hasil belajar siswa meningkat karena metode eksperimen mampu menciptakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara fisik dan mental selama pembelajaran dan memberikan motivasi siswa untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan, menantang, dan bermakna. Siswa menjadi berani untuk mengemukakan pendapat dan gagasan yang berkaitan dengan pengetahuan yang telah didapatkan selama kegiatan berlangsung, dan dapat meningkatkan keakraban antara siswa dan guru, siswa dengan siswa. Hal ini juga membawa dampak yang sangat baik bagi perkembangan sosial anak. 75%, sedangkan pada siklus II diperoleh data rata-rata nilai 81,31 dengan ketuntasan klasikal 93,75.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6410
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository