PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SDN SUPITURANG 01 KECAMATAN PRONOJIWO KABUPATEN LUMAJANG
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Supiturang 01 Kecamatan Pronojiwo
Kabupaten Lumajang, dengan jumlah siswa 24. Penelitian ini menggunakan penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Metode pengumpulan data
melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskreptif
kualitatif untuk menganalisis data berupa hasil observasi dan deskreptif kuantitatif untuk
menganalisis data hasil tes formatif. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal
Maret 2010 sampai dengan 11 dan 13 Maret 2010 dengan subyek penelitian siswa kelas
IV SDN Supiturang 01 Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa siswa mengalami peningkatan
aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran
IPA tentang konduksi,konveksi,dann radiasi. Hasil belajar siswa meningkat karena
metode eksperimen mampu menciptakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara
fisik dan mental selama pembelajaran dan memberikan motivasi siswa untuk melakukan
kegiatan yang menyenangkan, menantang, dan bermakna. Siswa menjadi berani untuk
mengemukakan pendapat dan gagasan yang berkaitan dengan pengetahuan yang telah
didapatkan selama kegiatan berlangsung, dan dapat meningkatkan keakraban antara siswa
dan guru, siswa dengan siswa. Hal ini juga membawa dampak yang sangat baik bagi
perkembangan sosial anak.
75%, sedangkan pada siklus II diperoleh data rata-rata nilai 81,31 dengan ketuntasan
klasikal 93,75.