Show simple item record

dc.contributor.authorArju Muti'Ah
dc.contributor.authorSuhartiningsih
dc.contributor.authorArief Rijadi
dc.contributor.authorAgustiningsih
dc.date.accessioned2015-10-06T02:01:06Z
dc.date.available2015-10-06T02:01:06Z
dc.date.issued2015-10-06
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64061
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jemberen_US
dc.description.abstractPembelajaran di sekolah dasar berdasarkan Kurikulum 2013 dirancang dalam format pembelajaran tematik. Pemberlakuan pembelajaran tematik ini dimaksudkan untuk memaksimalkan pencapaian kompetensi peserta didik melalui pengintegrasian berbagai mata pelajaran di bawah naungan tema tertentu. Kompetensi peserta didik mencakup semua ranah kecakapan hidup (life skill). Sebagai program baru, pembelajaran tematik perlu mendapatkan perhatian , seperti penyiapan berbagai model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma pembelajaran tematik dan pendekatan saintifik. Kurikulum 2013 baru berjalan tiga semester bagi sebagian kecil sekolah dan satu semester bagi sebagian besar sekolah. Belum semua tenaga pendidikan, termasuk guru sudah memiliki pemahaman dan pengalaman yang cukup terkait dengan pembelajaran tematik. Kondisi ini menjadi alasan dilakukannya pengembangan model pembelajaran tematik berorientasi life skill. Pada tahun pertama telah dihasilkan perangkat pembelajaran tematik untuk kelas 1 sekolah dasar. Pada tahun kedua ini dirumuskan sintak pembelajaran tematik dan ujicoba lapangan. Target yang dicapai adalah dihasilkannya model pembelajaran tematik berorientasi life skill untuk kelas I SD sebagai salah satu alternatif model yang digunakan di sekolah. Berdasarkan hasil ujicoba yang telah dipaparkan, dapat dikemukakan bahwa proses penerapan pembelajaran tematik berorientasi life skill. Di kelas I sekolah dasar berjalan dengan baik. Artinya, komponen-komponen model yang berupa langkah umum pembelajaran dapat diterapkan untuk mencapai kompetensi tertentu sesuai dengan tema yang dihadirkan. Melalui proses persepsi konteks, eksplorasi informasi, manajemen situasi, diseminasi dan diskusi, serta afirmasi komptensi siswa memperoleh kompetensi yang diharapkanen_US
dc.publisherFKIP'14en_US
dc.relation.ispartofseriesHB;89
dc.subjectpembelajaran tematiken_US
dc.subjectlife skillen_US
dc.subjectkelas permulaanen_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Tematik Berorientasi Life Skills untuk Kelas Permulaan Sekolah Dasaren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record