• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATERI SEGITIGA SISWA KELAS V SDN LENGKONG 01 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Moh. Sofyan Efendi.pdf (412.9Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    MOH. SOFYAN EFENDI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Lengkong 01 kelas V Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 39 siswa, 17 orang perempuan, 22 orang lakilaki. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 18 April 2011 sampai 27 April 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri Lengkong 01. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan guru diperoleh persentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 59,83%, pertemuan 2 adalah 67,38% dan Siklus II pertemuan 1 sebesar 88,18%. Presentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 adalah 59,52%, pertemuan 2 adalah 64,29%, pertemuan 3 adalah 69,05% dan Siklus II pertemuan 1 adalah 73,81%, pertemuan 2 adalah 80,95%. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,36% dan Siklus II sebesar 89,74%. Berdasarkan analisa hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa kelas V telah mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar Matematika. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) efektif digunakan pada pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan segitiga. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase hasil tes akhir siklus I dan siklus II. Persentase hasil tes akhir siswa pada siklus I sebesar 74,36% dan Siklus II sebesar 89,74%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6404
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository