Pengaruh Sikap Auditor Terhadap Jasa Audit Ecommerce (Studi Empiris pada Kantor Akuntan Publik di Surabaya)
Abstract
Pertumbuhan jumlah perusahaan online di Indonesia semakin banyak, maka timbul pula kebutuhan perusahaan-perusahaan tersebut atas jasa audit dari kantor-kantor publik. Jasa audit yang dibutuhkan pun tidak sama dengan jasa audit yang biasa diberikan oleh kantor-kantor akuntan publik. Jasa audit yang diberikan tersebut adalah jasa audit e-commerce. Di indonesia, jasa audit e-commerce ini belum terlalu dikenal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah pengaruh sikap auditor terhadap jasa audit e-commerce di Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan menggunakan data primer dengan metode survey, yaitu dengan menyebarkan kuisoner secara langsung pada obyek penelitian. Populasi dalam penelitan ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik di wilayah Surabaya. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan oleh penliti. Teknik pengolahan data yang dilakukan, menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan spss.
Hasil uji regresi menunjukkan variabel sikap auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan jasa audit e-commerce dengan koefisien regresi sebesar 0,314.