• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP SDN KEPATIHAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Moch. Syarifuddin Ode.pdf (159.5Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Moch Syarifuddin Ode
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan Dilakukan penelitian penelitian ini adalah 1). Untuk Meningkatan Aktivitas Belajar IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas IV Semester Genap SDN Kepatihan 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011” dan 2). Untuk Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas IV Semester Genap SDN Kepatihan 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah bersifat kolaboratif yang didasarkan pada masalah yang muncul dalam Pembelajaran IPS di SDN Kepatihan 05 dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Desain Yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan observasi, dan refleksi melalui tahapan dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,tes,wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 05 Jember yang dimulai pada tanggal 10 Mei 2011 sampai tanggal 18 Mei 2011 Kelas IV. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari presentase aktivitas belajar pra siklus sebesar 65,42% , siklus I 71,42% dan pada siklus II 75,08%. Sedangkan hasil belajar siswa pra siklus 51,42% , Siklus I sebesar 74,28% atau 26 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar dan pada siklus II sebesar 88,57% atau sebanyak 31 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar dari 35 jumlah siswa, selain itu dilihat dari rata-ratanya pada siklus 1 mencapai 71,85, sedangkan pada siklus II 76,28. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada siswa Kelas IV Semester Genap SDN Kepatihan 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran Bagi guru, hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami materi dan aktif selama pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6392
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository