PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SEMESTER GENAP SDN KEPATIHAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Tujuan Dilakukan penelitian penelitian ini adalah 1). Untuk Meningkatan
Aktivitas Belajar IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas IV
Semester Genap SDN Kepatihan 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011” dan 2).
Untuk Meningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) pada Siswa Kelas IV Semester Genap SDN Kepatihan 05 Jember Tahun
Pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah bersifat kolaboratif yang didasarkan pada masalah
yang muncul dalam Pembelajaran IPS di SDN Kepatihan 05 dengan penelitian
tindakan kelas (PTK). Desain Yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
skema dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan,
tindakan observasi, dan refleksi melalui tahapan dua siklus. Pengumpulan data
menggunakan metode observasi,tes,wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Kepatihan 05 Jember yang dimulai pada tanggal 10 Mei 2011
sampai tanggal 18 Mei 2011 Kelas IV.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari presentase
aktivitas belajar pra siklus sebesar 65,42% , siklus I 71,42% dan pada siklus II
75,08%. Sedangkan hasil belajar siswa pra siklus 51,42% , Siklus I sebesar 74,28%
atau 26 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar dan pada siklus II sebesar
88,57% atau sebanyak 31 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar dari 35
jumlah siswa, selain itu dilihat dari rata-ratanya pada siklus 1 mencapai 71,85,
sedangkan pada siklus II 76,28.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Melalui
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada
siswa Kelas IV Semester Genap SDN Kepatihan 05 Jember Tahun Pelajaran
2010/2011. Saran Bagi guru, hendaknya lebih aktif dalam melakukan inovasi
pembelajaran, agar siswa tidak merasa bosan, tidak kesulitan dalam memahami
materi dan aktif selama pembelajaran.