Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi ( Studi Empiris Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Angkatan Tahun 2010 Universitas Jember)
Abstract
Studi ini meneliti tentang pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan emotional, kecerdasan spiritual dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 73 responden yang terdiri mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi angkatan tahun 2010 universitas jember. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Penyebaran kuisioner dengan daftar pertanyaan berdasarkan penelitian terdahulu. Hasil dari penelitian ini antara lain kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi, dan perilaku belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi.