Makna Green Marketing dan Implementasinya di KFC Jember
View/ Open
Date
2014Author
Herdiana, Bestaria
Wulandari, Deasy
Puspitasari, Novi
Metadata
Show full item recordAbstract
Perusahaan di Indonesia mulai menggunakan isu lingkungan dalam aktivitas pemasarannya. KFC pernah menyatakan peduli
lingkungan dan didukung oleh program KFC yang berjudul green action. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif
dan jenis penelitian menggunakan desain penelitian narasi. Fokus penelitian dari metode ini adalah cerita-cerita yang
didengarkan di dalam pengalaman kehidupan informan. Data primer penelitian ini adalah pemaknaan konsumen terhadap
KFC Jember dan data sekunder diambil dari jurnal ilmiah tentang green marketing, web resmi KFC, dan data Kabupaten
Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan metode
purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memiliki beberapa poin. Pertama, produk ramah lingkungan dirasa penting
karena berkaitan dengan kesehatan dan menjamin ketersediaan bahan baku di alam. Kedua, green marketing dimaknai
sebagai tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan mencakup promosi berupa iklan yang menggunakan isu lingkungan,
mencantumkan logo hijau, produk sehat, dan tidak merusak lingkungan harga yang lebih mahal dari produk sejenisnya.
Ketiga, implementasi green marketing yang dilakukan oleh KFC Jember yaitu promosi melalui iklan dengan menggunakan
isu lingkungan, menggunakan logo hijau, melakukan daur ulang limbah tulang dan bulu ayam, melakukan pemilihan bahan
baku dengan kualitas terbaik.