Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Luas Pengungkapan Sosial Dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)
Abstract
CSR merupakan klaim agar perusahaan tidak hanya beroperasi untuk kepentingan para pemegang saham, tapi juga untuk kemaslahatan pihak stakeholders dalam praktik bisnis, yaitu para pekerja, komunitas lokal, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), konsumen dan lingkungan. Peraturan tentang CSR sebenarnya telah diatur oleh Undang-undang. Namun peraturan tersebut tidak memberikan pedoman khusus mengenai bagaimana dan informasi apa saja yang harus dilaporkan oleh perusahaan mengenai pelaksanaan CSR, sehingga pengungkapan yang memadai terkait dengan CSR masih dirasa kurang. Peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam mengungkapkan laporan sosialnya. Variabel dependen yaitu luas pengungkapan sosial perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan dan kinerja keuangan merupakan variabel independen dalam penelitian ini. Untuk variabel kinerja keuangan yang dipakai peneliti adalah leverage, likuiditas, dan profitabilitas. Sampel merupakan perusahaan manufaktur Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa size dan likuiditas berpengaruh signifikan, sedangkan leverage, profitabilitas, tidak berpengaruh signifikan terhadap luas pengungkapan sosial perusahaan.