Pemasaran dalam Kemitraan Bisnis: Perspektif Manajer di Sembilan Perusahaan
View/ Open
Date
2014Author
Fauziyyah, Salma
Wulandari, Deasy
Sukarno, Hari
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemahaman manajer mengenai konsep kemitraan sangat penting untuk menentukan kebijakan serta strategi yang harus dilakukan. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui konsep kemitraan dan dampak pemasarannya berdasarkan perspektif manajer puncak dan manajer menengah. Jenis penelitian artikel ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan informan dalam artikel dengan menggunakan metode purposive. Metode analisis data melalui empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari artikel ini adalah pengertian kemitraan diartikan sebagai suatu metode, strategi, dan sistem kerjasama yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan mitranya, yaitu kemitraan yang dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang terkait dan dituangkan dalam perjanjian kerjasama. Dampak kemitraan pada pemasaran perusahaan dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu perluasan jaring-jaring pemasaran, peningkatan penjualan, upaya promosi, profit sharing, kepastian pasokan, dan penentuan strategi pemasaran.