dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 05 Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember.Subjek penelitian adalah siswa kelas III-a dengan jumlah 19 siswa
yagn terdiri dari 13 laki-laki dan 6 perempuan.Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus dan berlangsung 2 siklus.Pada
siklus 2 yang dilakukan dengan tindakan, terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data meliputi
observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu : Aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar, berturut-turut menggunakan
rumus : Pa =
100% dan E =
100.
Dari analisis data hasil penelitian untuk aktivitas siswa diperoleh persentase
aktivitas siswa kalsikal dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara
berurutan yaitu 66,88 % dalam kategori aktif dan 77,63 % dalam kategori aktif. Dari
analisis hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar klasikal dan
individu yang terdiri dari prasiklus sebesar 36,84 % dengan 12 siswa belum tuntas,
termasuk dalam kategori belum tuntas secara klasikal. Siklus I sebesar 73,68%
dengan 5 siswa belum tuntas, persentase tersebut dalam kategori tuntas secara
klasikal, dan siklus II sebesar 78,94 % dengan 4 siswa yang belum tuntas, dalam
kategori tuntas secara klasikal. Dari hasil analisis tersebut terlihat persentase pada
setiap siklus mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Aktivitas siswa selama
pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dengan media APE mengalami
peningkatan dan termasuk pada kategori aktivitas siswa yang sangat aktif; (2)
pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dengan media APE dapat
meningkatkna ketuntasan hasil belajar siswa kelas III-a SDN Jember Lor 05
Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. | en_US |