• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKAT POKOK BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS III PROGRAM STUDI S1 PGSD ALIH PROGRAM FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN i ENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASAN JUAL BELI MELALUI METODE SDN SANENREJO 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Maria Okta M..pdf (130.6Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    MARIA OKTA MAWARDHANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS dengan menggunakan model bermain peran (role playing) pada siswa kelas III dalam pokok bahasan jual beli di SDN Sanenrejo 04 kecamatan Tempurejo kabupaten Jember Tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan data dilaksanakan di SD Sanenrejo 04 mulai tanggal 17 Desember sampai 20 Mei 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema Kemmis dan Mc Taggart dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan melakukan refleksi (reflection). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran IPS menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 56,66% dan siklus II secara klasikal sebesar 83,33% atau dapat dikatakan tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6349
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository