MODEL PENINGKATAN KINERJA USAHA KOPI OLAHAN BERBASIS KELOMPOK DAN KEMITRAAN DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Komoditi kopi merupakan salah satu komoditi dunia yang menunjukkan banyak geliat. Kenaikan permintaan, produksi, dan konsumsi menunjukkan bahwa komoditi ini tak lagi sebagai bahan sekunder, namun telah menjadi sebuah bahan kebutuhan wajib bagi sebagian masyarakat. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis altaernatif strategi pemasaran kopi olahan skala kecil di kabupaten Jember berbasis analisis SWOT . menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja usaha kopi olahan skala besar di kabupaten Jember berbasis analisis SWOT serta men disain strategi pemasaran kopi olahan berbasis kemompok dan kemitraan di kabupaten Jember. Jenis Penelitian merupakan penelitian deskriptif. Data primer dikumpulkan dengan wawancara mendalam, Hasil penelitian menunjukkan Kerjasama dalam bentuk co-branding secara tidak langsung akan mengenalkan kopi rakyat Desa Sidomulyo kepada masyarakat yang lebih luas. Sehingga masyarakat akan mengetahui jika terdapat kopi dengan cita rasa tersendiri di Desa Sidomulyo Jember. Model berbasis kelompok dengan membentuk koperasi dan model kemitraan kopi rakyat dengan Puslit Koka, PTPN XII, BI, Eksportir yang simultan dan terpadu terbukti mampu meningkatkan kinerja usaha kopi rakyat di Desa Sidomulyo.
Kata Kunci : Model, Kinerja Usaha, Kopi Rakyat Sidomulyo, Berbasis Kelompok Dan Kemitraan
Collections
- LRR-Hibah Unggulan PT [103]