UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERAGUNG 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan
data, dilaksanakan di SDN Sumberagung 04 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten
Jember, dimulai pada tanggal 19 sampai tanggal 28 April 2011, subjek penelitian
adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 17 anak, terdiri atas 9 siswa laki-laki dan
8 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara,
observasi dan dokumentasi.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa
dari observasi awal ke siklus I mengalami peningkatan dan dari siklus I ke siklus II
juga mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada observasi awal
yaitu sebesar 29,41% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 41,18%.
Pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu menjadi 88,23%. Rata –
rata kelas pada observasi awal adalah 51,88 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar
sebanyak 5 siswa, sedangkan pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 57,65
dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 siswa. Pada siklus II rata-rata
kelas 76,18 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 siswa. Dengan
begitu pada siklus II sudah berhasil mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang
sesuai dengan standart ketuntasan minimum yaitu 75% siswa yang telah mencapai
nilai > 65 dari skor maksimal 100.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan
kontekstual pada pelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan
setempat dapat dikatakan berhasil karena sudah mencapai ketuntasan belajar secara
klasikal yaitu 88, 23%. Dan sebaiknya guru menerapkan pendekatan kontekstual
sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil
belajar siswa.