• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN MASALAH-MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERAGUNG 04 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Mamik Widyawati.pdf (9.440Mb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    MAMIK WIDYAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data, dilaksanakan di SDN Sumberagung 04 Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 19 sampai tanggal 28 April 2011, subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 17 anak, terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari observasi awal ke siklus I mengalami peningkatan dan dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada observasi awal yaitu sebesar 29,41% dan mengalami peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 41,18%. Pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu menjadi 88,23%. Rata – rata kelas pada observasi awal adalah 51,88 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 5 siswa, sedangkan pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 57,65 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 siswa. Pada siklus II rata-rata kelas 76,18 dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 siswa. Dengan begitu pada siklus II sudah berhasil mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang sesuai dengan standart ketuntasan minimum yaitu 75% siswa yang telah mencapai nilai > 65 dari skor maksimal 100. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual pada pelajaran IPS pokok bahasan masalah-masalah sosial di lingkungan setempat dapat dikatakan berhasil karena sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 88, 23%. Dan sebaiknya guru menerapkan pendekatan kontekstual sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6346
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository