PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPAMELALUI PENERAPANMETODE DISKUSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA BENDA ASLI (Sub Pokok Bahasan Batuan pada SDN Ajung 03 KecamatanKalisat Kabupaten Jember)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ajung 03 kecamatan Kalisat kelas V yang
terdiri dari 30 siswa, 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Siswa dibagi
menjadi 6 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalan penelitian tindakan kelas
sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi.
Pengambilan data dimulai tanggal 2 Mei 2011 sampai dengan 20 Mei 2011.
Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas siswa dan tes individu. Siklus I
aktivitas siswa mencapai 60% dan nilai tes sebesar 46,6%. Nilai ulangan harian siklus
I diperoleh 73,3% dengan siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa dan yang tidak tuntas
sebanyak 10 orang. Pada siklus II diperoleh data sebagai berikut; aktivitas siswa
mencapai 63,3% dengan kategori aktif dan nilai tes sebesar76,6%. Nilai ulangan
harian siklus II diperoleh 80%, siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dan yang tidak
tuntas sebanyak 3 siswa.
Kesimpulan penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan
hasil belajar mata pelajaran IPA pokok bahasan batuan. Penerapan pembelajaran
dengan menggunakan media benda asli dapat menciptakan suasana belajar yang aktif,
menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam
berinteraksi serta saling bekeerja sama sehingga dapat mengembangkan ketrampilan
sosial siswa.