Show simple item record

dc.contributor.authorLUVITA RICHY DWIJAYANTI
dc.date.accessioned2013-12-09T01:17:48Z
dc.date.available2013-12-09T01:17:48Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM080210274100
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6332
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian melalui pendekatan (contextual teaching and learning) CTL dengan menggunakan media benda konkrit pada siswa kelas II SDN Dukuhmencek IV Sukorambi, Jember. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Dukuhmencek IV Sukorambi, tahun pelajaran 2011 dengan jumlah siswa 27 anak. Penelitian tindakan ini dilakukan 2 siklus dan setiap evaluasi akhir. Data yang dikumpulkan melalui metode Tes, Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Dari hasil observasi pada siklus I bahwa dengan menerapkan pembelajaran Kontekstual diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 57,77 (lihat lampiran) dan ketuntasan belajar mencapai 48,14% atau ada 13 siswa dari 27 siswa yang sudah tuntas belajar sedangkan siswa yang tidak tuntas mencapai 51,86%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus pertama secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang tuntas sebesar 48,14% sedangkan ketuntasan yang dikehendaki yaitu sebesar 85 %. Hal ini disebabkan karena siswa masih asing dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual. Sedangkan pasa siklus II sudah mengalami peningkatan yang cukup baik bila dibandingkan dengan hasil pada siklus I. Dari Tabel dan Diagram dapat diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 74,81 dan ketuntasan belajar mencapai 81,48% atau ada 22 siswa dari 27 siswa sudah tubtas belajar. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 81,48% (Termasuk katagori Tuntas). Hasil dari siklus II ini mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I. Adanya peningkatan hasil belajar pada siklus II ini dipengaharui oleh adanya peningkatan kemampuan siswa mempelajari materi pelajaran yang telah diterapkan selama ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080 210 274 100;
dc.subjectMATEMATIKA, PERKALIAN, CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRIT PADA SISWA KELAS II SDN DUKUHMENCEK IV SUKORAMBI, JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record