PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN UANG DENGAN METODE DISKUSI DAN MEDIA UANG PADA SISWA KELAS III SDN KEBONSARI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kebonsari 02 Jember yang terdiri
dari 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya
adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan
data dilakukan mulai tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan 25 Mei 2011 dengan subjek
penelitian siswa kelas III SDN Kebonsari 02 Jember. Data yang dikumpulkan berupa
penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus I, presentase aktivitas belajar
siswa sebesar 46,67% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II sebesar
67,08% dalam kategori aktif. Presentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai
62,50% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 56,67%. Pada siklus II, hasil belajar
siswa secara klasikal mencapai 73,33%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar
93,33% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN
Kebonsari 02 Jember.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas
dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan uang. Peningkatan
persentase aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,41%, sedangan
peningkatan persentase hasil belajar sebesar 10,83% dan ketuntasannya sebesar 36,66%.
Oleh karena itu penelitian di SDN Kebonsari 02 Jember tuntas. Beberapa saran
berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan metode diskusi dan media uang,
sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam
menyampaikan pelajaran, siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari
informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang
lebih luas.