PENGINTEGRASIAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS 7 MELALUI PENGEMBANGAN MATH EXEMPLARS BERORIENTASI KURIKULUM 2013
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pengintegrasian pengetahuan dan keterampilan matematika siswa SMP, 2) mendeskripsikan proses peningkatan pengintegrasian pengetahuan dan keterampilan matematika siswa SMP dari setiap level tingkatan, dan 3) menghasilkan math exemplars berorientasi kurikulum 2013 dalam upaya meningkatkan pengintegrasian pengetahuan dan keterampilan siswa SMP dari setiap level tingkatan. Berdasar pada tujuan, penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Tjeerd Plomp, yaitu mengembangkan Math Exemplars yang mengacu pada kurikulum 2013 dalam upaya meningkatkan pengintegrasian pengetahuan dan keterampilan siswa SMP dari setiap level tingkatan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Adapun hasil dari kegiatan penelitian ini adalah (1) kriteria pengintegrasian pengetahuan dan keterampilan matematika meliputi: (a) pemecahan masalah, (b) pemahaman terhadap konsep, (c) pengaplikasian prosedur matematika, dan (d) pengkomunikasian pengetahuan yang dimiliki yang berkaitan dengan konsep, prosedur, dan pemecahan masalah, (2) terdapat peningkatan pengintegrasian pengetahuan dan keterampilan lima siswa SMP dari level Apprentice ke level Practitioner dalam memecahkan masalah matematika, dan (3) menghasilkan math exemplars yang terdiri dari exemplars task dan exemplars rubric yang valid, praktis dan efektif dalam upaya meningkatkan pengintegrasian pengetahuan dan keterampilan siswa SMP dari level Apprentice ke level Practitioner.
Kata kunci : Pengetahuan dan Keterampilan; Math Exemplars; Level Pemecahan Masalah