PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
Abstract
Kemajuan dunia usaha dewasa ini jauh berkembang dengan pesat, baik dalam
skala besar maupun skala kecil dan juga perkembangan di sector industry yang
memiliki peran penting dalam sector perekonomian. Perusahaan – perusahaan atau
industry – industry tersebut didirikan dengan suatu tujuan atau rencana yang akan
dicapai. Dari sekian banyak tujuan perusahaan tersebut, yang paling utama
meningkatkan nilai perusahaan.
Penelitian mengenai factor – factor yang berpengaruh terhadap nilai
perusahaan telah banyak dilakukan. Dalam beberapa penelitian nilai perusahaan
ditentukan dari earnings power dari asset perusahaan. Semakin tinggi earning power
maka semakin efisien perputaran asset dan semakin tinggi profit margin yang
diproleh perusahaan. Dengan kata lain earnings power, perputaran asset dan profit
margin perusahaan mencerminkan kinerja keungan perusahaan tersebut. Dalam
penelitian ini untuk mengukur kinerja keuangan digunakan analisis rasio keuangan
yaitu rasio profitabilitas yang dicerminkan oleh ROA. Pemilihan ROA sebagai alat
ukur kinerja keuangan karena ROA merupakan rasio yang dimaksudkan untuk
mengukur kemampuan perusahaan atas keseluruhan dana yang ditanamkan dalam
aktivitas yang digunakan untuk aktivitas operasi dengan tujuan mengahasilkan laba
perusahaan dengan pemanfaatan aktiva yang dimilikanya oleh karena itu ROA
mencerminkan kinerja keuangan perusahaan. Tetapi ada ketidak konsistenan hasil
penelitian ROA terhadap nilai perusahaan. Karena ketidak konsistenan penelitian
tersebut, peneliti memasukkan pengungkapan CSR dan GCG sebagai variabel
pemoderasi yang diduga ikut memperkuat atau memperlemah pengaruh tersebut.
ix
Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan
terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan Corporate Social Responsibility dan
Good Corporate Governance sebagai variabel pemoderasi. Dalam penelitian ini
memilih perusahaan manufaktur sebagai sampel penelitian. Sehingga dalam
penelitian ini menggunakan data sekunder. Data sekunder tersebut berupa laporan
tahunan. Data – data tersebut diperoleh dengan mengakses situs BEI. Populasi untuk
penelitian ini adalah kelompok industry manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia pada tahun 2008-2009. Pemilihan sampel penelitian didasarkan pada
metode nonprobability sampling tepatnta metode purposive sampling.
Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja
keuangan berpengaruh terhadap nilai perusahaan . Corporate Sosial Responsibilty
berpengaruh terhadap hubungan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Dan
Good Corporate Governance juga berpengaruh terhadap hubungan kinerja keuangan
terhadap nilai perusahaan