Show simple item record

dc.contributor.authorAndika Adi Permana
dc.date.accessioned2013-12-09T00:58:10Z
dc.date.available2013-12-09T00:58:10Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM050210302232
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6315
dc.description.abstractPembelajaran IPS selama ini dianggap membosankan, terkesan kurang bervariasi, dan merupakan mata pelajaran hafalan saja. Pembelajaran IPS di sekolahsekolah umumnya menggunakan meteode Ceramah, guru kurang menggunakan model, metode atau teknik mengajar yang bervariasi sesuai dengan materi pembelajaran, sehingga berakibat pada rendahnya aktivitas kerjasama siswa dalam kelas dan berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh tidak maksimal. Oleh karena itu diperlukan suatu variasi dalam penerapan pembelajaran di kelas yaitu dengan menggunakan model Cooperatif Learning teknik Jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah 1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII semester genap tahun ajaran 2009/2010 di SMP Negeri 5 Tanggul setelah diterapkan pembelajaran Kooperatif Jigsaw 2) Meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII semester genap tahun ajaran 2009/2010 di SMP Negeri 5 Tanggul setelah diterapkan pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran,Pembelajaran kooperatif Jigsaw marupakan suatu model pembelajaran yang diterapkan melalui teknik Jigsaw sehingga dalam penerapannya dikelas mampu menciptakan suasana pembelajaran yang dinamis, gotong royong dan aktif secara bersama-sama untuk memecahkan suatu masalah dengan cara berdiskusi, dalam satu kelompok kemudian siswa yang mendapat bagian subbab yang sama akan berkumpul dalam kelompok baru yaitu tim ahli kemudian mereka kembali kepada kelompok asal untuk mengajarkan tentang suatu materi yang didapat dari kelompok ahli, sehingga akan tercipta suatu pembelajaran yang mampu membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas ( Classroom Action Researh) yang menggunakan model skema Penelitian Tindakan Kelas Hopkins dengan tiga siklus. Penentuan tempat penelitian adalah Purposiv Sampling area yaitu SMP Negeri 5 Tanggul. Subyek penelelitian ditentukan dengan diadakan pre test pada kelas VII. Subyek dalam penelitian ini adalah siswakelas VII A dengan jumlah 44 siswa. Pada standar kompetensi Sejarah, pokok bahasan Perkembangan Masyarakat Sejak Masa Hindu –Budha Sampai Masa Kolonial Eropa di kelas VII semester genap tahun ajaran 2009/2010. Data diambil dengan menggunakan metode Observasi, Dokumentasi, wawancara dan tes. Berdasarkan pelaksanaan dan hasil penelelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Semester Genap Dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Tanggul Tahun Pembelajaran 2009/2010 dapat meningkatkan Aktivitas dan ketuntsan hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil penelitian tiap siklus yaitu pada siklus I aktivitas belajar yang ditunjukkan siswa secara keseleruhan siswa belum masuk dalam kriteria aktif karena hanya 8 siswa yang mendapat kriteria aktif atau sekitar 18 % siswa yang aktif dari 44 siswa yang ada dikelas, Pada siklus II menunjukkan sebanyak 33 siswa yang mendapat kriteria aktif atau sekitar 75 % siswa yang aktif dari 44 siswa, hal ini mengalami peningkatan jika dibandingkan siklus I yang hanya 8 siswa yang mendapat kriteria aktif atau sekitar 18 % siswa yang aktif dari 44 siswa yang ada dikelas. Pada siklus III sebanyak 40 siswa yang mendapat kriteria aktif atau sekitar 91 % siswa yang aktif dari 44 siswa dikelas, kemudian untuk Ketuntsan Hasil Belajar siswa pada siklus I hasil yang diperoleh siswa dalam ketuntasan belajar mencapai 63.41 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau sekitar 29,55 % dari jumlah siswa yang ada dikelas, Pada siklus II ini kelas VII A mencapai rata rata 71.60 untuk ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus II ini yang mendapat nilai < 70 sebanyak 19 siswa dengan presentas 43 % dan siswa yang mendapat nilai 70 – 100 sebanyak 25 siswa dengan presentase 57 %. Jadi mengalami peningkatan dari jumlah siswa yang awalnya tuntas belajar sebanyak 13 siswa pada siklus I menjadi 25 siswa pada siklus II ini, Pada Siklus III ketuntasan belajar siswa mencapai rata-rata 78.18 yang mendapat nilai < 70 hanya 6 siswa dan yang mendapat nilai 70 – 100 sebanyak 38 siswa dengan presentase 86 %en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210302232;
dc.subjectKooperatif Jigsawen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 5 TANGGUL TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record