PENERAPAN LOGIKA FUZZY MAMDANI DAN MANUAL KAPASITAS JALAN INDONESIA PADA PENGATURAN LAMPU LALU LINTAS
Abstract
Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) adalah suatu metode yang
dirancang untuk memudahkan dalam menyelesaikan permasalahan yang terkait
dengan kapasitas jalan Indonesia, termasuk untuk masalah persimpangan bersinyal.
Logika fuzzy merupakan suatu logika yang memiliki nilai kekaburan atau kesamaran
(fuzzyness) antara benar atau salah. Dalam teori logika fuzzy suatu nilai biasa bernilai
benar atau salah secara bersama. Namun berapa besar keberadaan dan kesalahan
suatu tergantung pada bobot keanggotaan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini
adalah memanfaatkan logika fuzzy dan MKJI untuk mengetahui jumlah tundaan yang
terjadi sebagai acuan kelayakan suatu persimpangan (study kasus traffic light di
perempatan Mangli kota Jember).
Penelitian dilakukan dalam tiga tahap. Pertama, pengumpulan data lapang
traffic light di perempatan Mangli Jember. Kedua, pengolahan data menggunakan
teori logika fuzzy dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Ketiga,
membandingkan besarnya tundaan yang dihasilkan logika fuzzy dengan metode
Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan hasil perbandingan
dapat diketahui bahwa kinerja yang dihasilkan dengan menggunakan teori logika
fuzzy lebih kecil tundaannya dibandingkan dengan tundaan yang dihasilkan metode
MKJI