Show simple item record

dc.contributor.authorFARIS SYAIFULLOH
dc.date.accessioned2015-06-25T02:00:07Z
dc.date.available2015-06-25T02:00:07Z
dc.date.issued2015-06-25
dc.identifier.nimNIM100210101115
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62727
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu elemen penting dalam membangun dan mengembangkan suatu negara. Matematika dalam dunia pendidikan merupakan salah satu ilmu dasar yang dapat digunakan untuk menunjang adanya ilmu-ilmu lain seperti ilmu fisika, kimia, ekonomi, komputer dan lain-lain. Mengingat betapa pentingnya peranan matematika dalam kehidupan, maka guru sebagai pengajar dan pembimbing harus mampu menerapkan metode yang baik sehingga dapat meningkatkan kadar kegiatan belajar siswa sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki mutu pendidikan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 7 Jember mulai 26 Januari 2015 sampai dengan tanggal 29 Januari 2015 semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Langkah awal pada penelitian ini yaitu pengambilan sampel dengan melakukan uji homogenitas pada hasil UAS semester ganjil untuk mengetahui apakah populasi tersebut homogen. Berdasarkan hasil analisis varian kedelapan kelas tersebut dinyatakan homogen, maka diambil 2 kelas sebagai sampel atau objek penelitian. Dua sampel yang terambil yaitu kelas VII D dan VII F, kemudian dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil undian didapatkan kelas VII D sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan metode role playing dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang diajar dengan metode ekspositori. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Langkah awal yaitu dilakukan uji homogenitas terhadap kedelapan kelas berdasarkan hasil UAS semester ganjil dengan menggunakan SPSS 17 for windows. Hasil penelitian viii pada analisis homogenitas didapat harga P >α ix sig <α hitung sig = 2,394 dengan probabilitas diterima artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diterapkan metode pembelajaran role playing dengan siswa yang diterapkan menggunakan metode pembelajaran ekspositori di SMP Negeri 7 Jember. hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diterapkan metode pembelajaran role playing lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar pada metode pembelajaran ekspositori. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis Independent t-test.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101115;
dc.subjectPERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORIen_US
dc.titlePERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI SMP NEGERI 7 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record