• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN LEARNING CYCLE 5E BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Mariya Silfiana Rofiqoh - 100210102079_1.pdf (124.9Kb)
    Date
    2015-06-24
    Author
    Mariya Silfiana Rofiqoh
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil belajar fisika saat ini mengalami masalah dilihat dari hasil UAN 2012/2013 di Kabupaten Jember. Nilai fisika lebih rendah rendah dibanding pelajaran kimia dan biologi. Penyebabnya kemampuan siswa kurang merata, cara guru mengajar kurang efektif, sehingga siswa kurang aktif saat pembelajaran dan menyebabkan pemahaman materi tidak maksimal. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa, contohnya yaitu adalah model pembelajaran Problem Based Learning Jenis Penelitian adalah penelitian komparasi, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kalisat. Sampel penelitian ditentukan setelah uji homogenitas terhadap populasi. Desain penelitian menggunakan desain penelitian komparasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan Independent Samples T-test dengan bantuan software SPSS 16 untuk menguji hipotesis penelitian 1 dan 2. vii Hasil analisis keterampilan proses sains menggunakan Independent-Sample Ttest untuk menguji hipotesis penelitian 1 diperoleh Sig. diterima dan H 0 ditolak, sehingga disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan Learning Cycle 5E di SMA. Untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test, Sig. diterima dan H 0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dan Learning Cycle 5E di SMA. Hasil analisis kelebihan dan kelemahan setelah diterapkan kedua model yaitu model learning cycle 5E mempunyai kelebihan guru mengetahui kemampuan awal siswa sehingga lebih mudah dalam pebelajaran, guru sebagai pembimbing eksperimen sehingga kegiatan eksperimen siswa lebih terarah selain itu siswa diberi kesempatan mengaplikasikan materi yang telah mereka dapat dalam konsep baru, sehingga mereka lebih memahami materi yang mereka pelajari. Kelemahannya adalah manajemen waktu yang sering meleset dari perkiraan menjadikan siswa ramai ketika diskusi. Model PBL mempunyai kelebihan dari segi siswa dan waktu lebih terkontrol, siswa lebih aktif berdiskusi dan menyampaikan pendapat. Kelemahannya adalah siswa kurang mendapatkan latihan soal, siswa kurang menguasai praktikum karena peran guru sebagai fasilitator dan negosiator saja, dan siswa kurang faham saat menyebutkan contoh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah:
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62725
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository