Show simple item record

dc.contributor.authorRayendra Wahyu Bachtiar
dc.date.accessioned2015-06-23T03:47:57Z
dc.date.available2015-06-23T03:47:57Z
dc.date.issued2015-06-23
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62685
dc.description.abstractPenalaran ilmiah memiliki peranan penting dalam penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh calon pendidik khususnya pendidik di bidang fisika. Namun, alat ukur kemampuan penalaran ilmiah yang sudah ada masih umum dan tidak dikhususkan pada bidang fisika. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pengukuran kemampuan penalaran ilmiah fisika. Metode penelitian pengembangan ini merujuk pada metode R&D Borg and Gall dan Sugiyono yang disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) Desain produk, (3) Validasi produk, (4) uji coba produk, dan (5) revisi produk akhir. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif digunakan sebagai data kelayakan instrumen dan data kualitatif digunakan sebagai acuan revisi produk. Hasil analisis data terhadap validasi dan uji coba produk dapat disimpulkan bahwa produk instrumen layak digunakan sebagai pengukuran kemampuan penalaran ilmiah fisika dan kemampuan penalaran ilmiah fisika dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu Hypothetical Deductive dan Empirical Inductive.en_US
dc.description.sponsorshipProgram Studi Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabayaen_US
dc.subjectEmpirical inductive, hypothetical deductive, penalaran ilmiahen_US
dc.titleKajian Kemampuan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Unejen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record