Show simple item record

dc.contributor.authorRI WAHYUNI
dc.date.accessioned2015-06-17T08:04:49Z
dc.date.available2015-06-17T08:04:49Z
dc.date.issued2015-06-17
dc.identifier.nimNIM100210204161
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62659
dc.description.abstractPembelajaran IPA diharapkan menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri-sendiri dan alam sekitar. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar memahami alam sekitar secara ilmiah. Pada kenyataannya di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember pembelajaran IPA hanya berpusat pada guru. Guru mendominasi proses belajar mengajar dengan menggunakan metode ceramah. Kondisi pembelajaran IPA tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan yang ada di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember, maka diperlukan metode pembelajaran yang dapat mempermudah siswa memahami materi pembelajaran IPA. Metode pembelajaran yang dimaksud adalah metode eksperimen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat benda mata pelajaran IPA kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat benda mata pelajaran IPA kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Jumlah siswa kelas III seluruhnya adalah 27 siswa. Jumlah laki-laki sebanyak 5 siswa dan perempuan sebanyak 22 siswa. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ix tindakan kelas (PTK). Ada beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi awal mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa kelas III dalam pembelajaran IPA yaitu 51%. Hasil dokumentasi mengenai hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran IPA yang diperoleh dari ulangan harian, menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa yaitu 48,2. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dengan penerapan metode eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data mengenai aktivitas belajar siswa kelas III pada siklus I dan II, diperoleh data bahwa pada siklus I persentase rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 65,1%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 79%. Analisis data mengenai hasil belajar siswa kelas III pada siklus I dan II, diperoleh data bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 61,4 dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 73,3. Kesimpulan dari penelitan ini adalah berdasarkan hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember dari siklus I dan siklus II, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Saran bagi peneliti lain hendaknya dapat dijadikan sebagai informasi untuk melakukan penelitian sejenis dengan bahasa yang berbeda dan sebagai bahan acuan atau referensi mengenai penerapan metode ekperimen.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204161;
dc.subjectPENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BENDA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN SUMBERLESUNG 02 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.titlePENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BENDA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN SUMBERLESUNG 02 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record