• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN SCIENTIFIC TEMA BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA MATERI VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

    Thumbnail
    View/Open
    Indah Nur Mashita - 110210204087.pdf (19.63Mb)
    Date
    2015-06-16
    Author
    Indah Nur Mashitha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa merasa senang belajar dan tujuan pembelajaran tercapai termasuk dalam pembelajaran matematika. Untuk itu, guru harus menyiapkan secara matang semua kebutuhan sebelum pembelajaran matematika dimulai yang berupa perangkat pembelajaran. Salah satu penyebab siswa tidak menyukai pembelajaran matematika adalah keabstrakan objek matematika dan anggapan siswa bahwa matematika itu sulit, karena berkaitan dengan menghafal rumus dan berhitung. Salah satu cara mengurangi keabstrakan tersebut adalah mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa dengan tingkat berfikir ilmiah. Untuk itu, pendekatan Scientific diterapkan dalam pembelajaran matematika dan dijadikan dasar mengembangkan perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan pendekatan Scientific Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Materi Volume Kubus dan Balok Untuk Kelas V Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan Scientific Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Materi Volume Kubus dan Balok Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB) yang berorientasi pendekatan Scientific. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan beracuan pada model Thiagarajan yang dimulai dengan menetapkan kebutuhan pembelajaran pada tahap pendefinisian. Proses selanjutnya adalah vii merancang prototipe (draft I) perangkat pembelajaran yang dimulai dengan membuat kisi-kisi perangkat dan merancang alat evaluasi, pemilihan media dan format serta perancangan awal. Proses pengembangan selanjutnya adalah validasi serta uji coba perangkat pembelajaran di kelas V SDN Sumbersari 02 Jember. Berdasarkan hasil penelitian dan validasi, perangkat pembelajaran direvisi dan hasilnya disebut (draft II) yang layak untuk diujicobakan. Hasil uji coba digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki kualitas perangkat pembelajaran dan hasilnya merupakan produk akhir yang siap disebarkan. Hasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan Scientific Tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Materi Volume Kubus dan Balok untuk Kelas V Sekolah Dasar yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa, LKS, dan THB), karena koefisien validitasnya > 0,60 yaitu berturut-turut adalah 1,00; 0,96; 0,98; dan 0,98. Koefisien tersebut menunjukkan bahwa perangkat layak digunakan; b) praktis, diperoleh dari hasil analisis lembar observasi yang menunjukkan persentase aktivitas guru model selama dua pertemuan stabil yaitu mencapai persentase 96,00%. Persentase ini menunjukkan perangkat mudah digunakan oleh guru; c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase aktivitas belajar siswa yang berkategori baik dari pertemuan 1 dan 2 yaitu 92% dan 100%, (2) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu > 80%, (3) lebih dari 80% siswa di kelas V SDN Sumbersari 02 Jember mendapat skor > 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Efektifitas tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62638
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository