PENGEMBANGAN PERFORMANCE ASSESSMENT BERBASIS WEB PADA MATA KULIAH IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA FISIKA
Abstract
Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember dituntut memiliki respon yang mantap dalam menyiapkan lulusan sesuai dengan tutuntan stakeholders, terutama merespon kebutuhan guru yang mampu mengajar dan melakukan Performance Assessment berbasis web di sekolah. Untuk itu perlu dikembangkan dan diimplementasi Performance Assessment berbasis web pada proses perkuliahan terutama pada mata kuliah IPA Terpadu. Performance Assessment berbasis web merupakan penilaian kinerja mahasiswa dan bersifat personal sehingga mahasiswa mampu mengkoleksi, menseleksi, dan merefleksi (collect, select, and reflect) pembelajarannya di dalam dan di luar kelas. Performance Assessment berbasis web memberikan tambahan kuat dalam asesmen karena menyediakan nilai tambah bagi mahasiswa. Melalui Performance Assessment berbasis web, tanggung jawab mahasiswa dikomunikasikan kepada mahasiswa dan menjadikan pembelajaran berpusat pada mahasiswa. Data yang diperoleh selama pembelajaran berlangsung dapat dijaring dan dikumpulkan melalui prosedur dan alat penilaian yang sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai. Untuk itu perlu dilakukan perencanaan, pengembangan, dan implementasi alat penilaian dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini akan dikembangkan dan diimplementasikan perangkat Performance Assessment berbasis web pada mata kuliah IPA Terpadu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Kegiatan penilaian melalui berbagai teknik dan menggunakan alat penilaian yang dikembangkan secara sistematis diharapkan dapat menjamin mutu pendidikan di Program Studi Pendidikan Fisika.