PENUGASAN PROYEK BERBASIS DIGITAL TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI YANG MENEMPUH MATA KULIAH YANG BERSIFAT ABSTRAK NON PRAKTIKUM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan salah satu model pengajaran sebagai
alternatif terhadap mata kuliah non praktikum yang bersifat abstrak yang disesuaikan
dengan tuntutan dan perkembangan zaman. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk
mendapatkan data awal terhadap pengembangan model pembelajaran pada era native digital
yang berbasis praktikum. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Metode pengumpulan data yaitu menggunakan tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian
menunjukan bahwa (1) hasil proyek berbasis digital sangat membantu mahasiswa dalam
belajar mata kuliah yang berifat abstrak non praktikum; (2) prestasi belajar mahasiswa cukup
baik, dari 48 mahasiswa 22,91% memperoleh nilai 80-100; 58,33% dengan nilai 70-80;
18,75% dengan nilai 60-70; dan 0% mahasiswa dengan nilai <60. (3) hasil proyek berbasis
digital sangat bermanfaat bagi mahasiswa terutama pada saat mahasiswa melakukan PPL di
sekolah.Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa,mata kuliah yang bersifat abstrak non
praktikum dapat dibantu dan ditingkatkan kualitasnya dengan model pembelajaran proyek
berbasis digital dalam rangka menuju guru biologi yang dapat bersaing di zaman modern ke
depan.