SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN PADA BISNIS WARALABA CAPPUCINO CINCAU LA DEA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem akuntansi manajemen
pada bisnis waralaba Cappucino Cincau La dea. Penelitian ini termasuk penelitian
kualitatif. Hasil penelitian adalah penentuan harga jual dalam Cappucino Cincau
La dea berdasarkan biaya. Model perencanaan menggunakan model
Top Down
Planning
. Manajemen persediaan menggunakan model Economic Order Quantity
serta tidak ada safety stock. Strategi pemasaran menggunakan strategi word of
mouth
atau mulut ke mulut dan strategi menunggu bola. Perhitungan harga pokok
produksi menggunakan metode
full costing. Sistem pembayaran yang digunakan
adalah
Cash On Delivery. Komunikasi antara atasan dan bawahan menggunakan
bentuk komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, dan komunikasi horisontal.
Sistem akuntansi manajemen anggaran pada Cappucino Cincau La dea sudah
dilaksanakan namun belum maksimal karena
franchisor hanya membuat anggaran
secara garis besarnya saja, hanya terdiri dari pembelian bahan baku, upah dan
sewa. Sistem akuntansi manajemen laporan produksi pada Cappucino Cincau La
dea sudah dijalankan namun belum maksimal karena belum mencakup kegiatan
produksi dalam unit dan biaya. Sistem akuntansi manajemen laporan pengiriman
pada Cappucino Cincau La dea telah dijalankan, namun masih perlu ditingkatkan
demi perbaikan ke arah yang lebih baik karena belum mencakup harga satuan,
total harga, dan nama pengirim. Laporan kinerja dalam Cappucino Cincau La dea
berupa laporan laba rugi. Laporan laba rugi dalam Cappucino Cincau La dea
belum ada.